IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DONAT KEKINIAN (RASADONAT) DALAM UPAYA MEMBANGUN STRATEGI PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.33005/abdimesin.v4i1.107Keywords:
Digital Marketing, UMKM Donat, Strategi PemasaranAbstract
Digital Marketing merupakan suatu Teknik pemasaran atau promosi sebuah produk melalui media digital ataupun internet yang bertujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat dan masif. Dalam era yang serba digital dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu, penerapan digital marketing akan menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif bagi usaha Masyarakat atau UMKM. Oleh karena itu, UMKM RasaDonat harus mengimplementasikan dan menerapkan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran produknya agar tidak hanya mengandalkan pemasaran yang bersifat konvensional. Penelitian ini dilakukan dalam tujuan untuk mengetahui implementasi digital marketing pada UMKM RasaDonat sebagai strategi pemasaran dalam Upaya menghadapi ketatnya persaingan bisnis akibat dari perkembangan era digital yang semakin masif terjadi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi literatur. Hasil daripada
penelitian ini yaitu implementasi dari digital marketing pada UMKM RasaDonat yang terdiri dari membuat brand guidelines, membuat Google My Business, membuat social media untuk promosi dan pemasaran produk, membuat website untuk mempermudah dalam pemasaran produk, membuat artikel komersial yang sudah SEO Friendly, membuat marketing campaign, serta membuat marketing paid untuk promosi dan pemasaran produk