Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik
DOI:
https://doi.org/10.33005/abdi-mesin.v2i1.24Keywords:
Logo, re-branding, UMKMAbstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak masyarakat yang memiliki usaha/bisnis menjadi gulung tikar. Masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi dengan keadaan Covid-19. Adanya suatu upaya dalam memperbaharui atau re-branding bisnis mereka agar menjadi lebih baik dan bisa bertahan di pasar. Selain itu re-branding dapat membangkitkan brand awareness dan brand image produk. Tujuan umum dari program re-branding atau pembuatan logo ini adalah menjadikan UMKM memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi pembeda antara sesama UMKM. Dalam hal promosi, konsumen juga dapat dengan mudah untuk mengenali suatu produk. Adanya logo membuat sebuah produk bisnis menjadi menarik dan disukai, hal ini bertujuan agar produk lebih menarik pelanggan. Metode yang digunakan adalah survei lapangan dan survei online melalui media WhatsApp serta diskusi dengan pemilik UMKM. Hasil survei menunjukan bahwa adanya inovasi logo baru membuat para konsumen lebih tertarik membeli dan produk yang melakukan re-branding menjadi lebih mudah dikenali oleh konsumen karena logonya yang unik dan menarik.