Branding melalui Sosial Media Mengenai Edukasi Sejarah Punden Sebagai Upaya untuk Melestarikan serta Peningkatan Wisata Situs Sejarah Punden di Kelurahan Karangpoh

Authors

  • Heidy Arviani
  • Novianisa Asmar Hadiati
  • Putri Aulia Agustiawati

DOI:

https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.29

Keywords:

Sejarah, Branding, Pelestarian

Abstract

Penelitian ini berjudul Branding melalui Sosial Media Mengenai Edukasi Sejarah Punden Sebagai Upaya untuk Melestarikan serta Peningkatan Wisata Situs Sejarah Punden di Kelurahan Karangpoh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kesadaran masyarakat di zaman kemajuan teknologi seperti ini dalam menciptakan serta membangun semangat untuk terus melestarikan budaya yang ada di daerahnya di era gempuran budaya-budaya modern seperti sekarang. Metode yang digunakan dalam memperoleh berbagai informasi terkait dengan penelitian ini yaitu ada beberapa cara seperti melakukan survey dan observasi. Selain itu juga membuat forum diskusi bersama pihak-pihak terkait, melakukan pendekatan dengan menggali informasi lebih dalam mengenai budaya sejarah apa saja yang berkembang di masyarakat sekitar lokasi KKN Kelompok 75. Turut serta berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung dapat mempermudah mencapai tujuan dalam membangkitkan kembali wisata budaya sejarah yang dilakukan melalui konten-konten edukasi sejarah yang akan diangkat ke sosial media sehingga dengan pemanfaatan platform sosial media tersebut dapat menarik dan menambah insight dari pengguna sosial media yang kini berkembang sangat pesat. Dengan adanya kebudayaan sejarah yang berkembang di masyarakat sangat membuka peluang untuk meningkatkan potensi wisata terutama situs sejarah yang ada di kelurahan Karangpoh. Melalui branding di sosial media ini nantinya dapat menjadi gebrakan agar dikenal luas oleh masyarakat luar daerah sehingga tidak hanya masyarakat sekitar saja yang memiliki ketertarikan untuk melestarikan kebudayan, tetapi juga menyebarkan semangat pelestarian budaya kepada khalayak luas.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Arviani, H. ., Hadiati, N. A. ., & Agustiawati, P. A. . (2022). Branding melalui Sosial Media Mengenai Edukasi Sejarah Punden Sebagai Upaya untuk Melestarikan serta Peningkatan Wisata Situs Sejarah Punden di Kelurahan Karangpoh. Abdimesin, 2(2), 7–15. https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.29

Issue

Section

Articles